home disclaimer privacy policy sitemap contact

Lemari kamar tidur dengan desain yang efisien dan praktis

Friday, March 4th, 2016

Lemari kamar tidur┬ádengan desain yang efisien dan praktis – Berapapun ukurannya, kamar tldur tetap membutuhkan tempat penyimpan yang besar agar mampu mengakomodasikan kebutuhan pribadi dengan rapi tetapi sebaiknya juga berhati-hati agar kamar tidur terhindar dari kesan sebagai tempat penyimpan barang, sebab kenyamanan dan keindahan kamar juga sangat penting. Agar lebih praktis, mulailah dengan membuat daftar barang-barang yang harus disimpan.

lemari kamar tidur

MENGORGANISASI TEMPAT PENYIMPAN
Setelah membuat daftar, periksalah apakah semua barang dapat disimpan di kamar tidur, atau ada tempat lain untuk menyimpan. Berikut adalah panduan untuk mengorganisasi tempat penyimpan:

  • Mempertimbangkan frekuensi pemakaian benda yang disimpan. Misalnya, pakaian yang digunakan sehari-hari harus lebih mudah dicapai dari pada seprai dan selimut atau tas cadangan. Oleh karena tu, seprai atau tas cadangan dapat diletakkan di bagian atas tempat penyimpan.
  • Karena ukuran tubuh setiap orang berbeda, ukuran pakaiannya pun berbeda. Bila membuat lemari built in, tinggi dan ukuran lemari bisa disesuaikan dengan keinginan pemiliknya. Namun, ada beberapa ukuran standar yang dapat menjadi patokan.
  • Kedalaman lemari pakaian minimal 60 cm
  • Tinggi gantungan baju sedikit d atas mata atau sekitar 160-1 70 cm
  • Pipa gantungan harus mempunyai jarak bebas setinggi minimal 6 cm untuk memudahkan menggantung pakaian.
  • Lebar pintu lemari yang terbaik tidak lebih darl 60 cm
  • Laci -laci praktis lebih sesuai untuk pakaian yang kecil atau pakaian dalam. Laci-Laci juga di butuhkan pada meja rias agar dapat menyimpan kosmetik dengan rapi dan bersih.
  • Barang-barang elektronik memer ukan penyimpan tersendiri, biasanya berupa credenza atau lemari rendah

Sebaiknya alat elektronik tersimpan dalam lemari tertutup bila sedang tidak digunakan, agar tidak mengundang debu di kamar tidur

lemari

JENIS DAN GAYA LEMARI PENYIMPAN
Ada dua jenis tipe lemari penyimpan di kamar tidur, yaitu lemari built in dan lemari freestanding. Masing-masng memilik kelebihan dan kekurangan Oleh karena itu, pemilihannya lebih ditekankan pada kebutuhan pemakai.

Lemari built in
lemari built in merupakan penyimpan yang ukuran dan bentuknya dibuat khusus sesuai dengan kondisi ruang yang ada. Keuntungan tipe ini adalah mampu menampung lebih banyak barang dan lebih efisien karena ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan sistem built in, kita dapat menciptakan set furnitur tempat tidur, meja rias hingga lemari penyimpan dalam satu kesatuan, serta mampu menyediakan bentuk ruang yang tidak lazim. Jenis ini palinq sesuai untuk kamar yang kecil. Kekurangan jenis ini adalah sifatnya yang permanen sehingga tidak bisa dipindah-pindahkan

Lemari free standing
Lemari free standing adalah lemari beli jadi , sehingga lebih fleksibel karena mudah dipindahkan Kelemahannya cenderung menghabiskan banyak tempat dibanding sistem built in. Tetapi, furnitur jenis ini memiliki karakter yang khas, terutama bila ingin menata kamar dengan gaya antik, etnik, atau klasik. Bila memilih lemari free standing, sebaiknya ada kesatuan dengan furnitur lain di dalam kamar, misalnya bahan dan finishing-nya sama, atau memilih satu dari banyak unit yang bisa dipadu padankan. Bila tidak sesuai, memberi cat dengan nuansa warna yang sama akan menolong.

Gallery of Lemari kamar tidur dengan desain yang efisien dan praktis