home disclaimer privacy policy sitemap contact

Tips penataan kamar tidur yang cocok untuk single bed

Wednesday, March 2nd, 2016

Penataan kamar tidur yang cocok untuk single bed – Sebelum memutuskan furnitur apa yang harus disediakan, kita sebaiknya menentukan dahulu jenis kamar tidur yang akan dirancang. Untuk maksud ini landasan utamanya adalah siapa yang akan menghuni dan apa fungsi kamar tidur Penghuni kamar tidur bisa sepasang suami istri, anak, orangtua, tamu, atau dewasa lajang Usia pemakai juga turut menentukan jenis kebutuhan dan lokasi kamar.

Misalnya, penataan kamar tidurĀ  untuk anak usia prasekolah sebaiknya tidak dekat dengan pintu utama, kamar untuk orangtua lebih baik bila tidak terletak di lantai atas. Kamar tidur bisa difungsikan sejalan dengan kebutuhan penghuni yang bersangkutan. Misalnya, bila diinginkan kamar sebagai tempat beristirahat, kamar tidur cukup sebagai ruang untuk tidur dengan tambahan fasiltas televisi dan stereo misalnya

Namun, kini banyak juga orang yang membawa pulang pekerjaan kantornya, sehingga kamar tidurnyapun bisa difungsikan sebagai ruang kerja Ada juga pemilik yang menghendaki ruang rias atau ruang pakaian tersendiri di kamar tidurnya. Dan kini tidak jarang yang menginginkan ruang duduk tersendiri dalam kamarnya (suite room).

Selain itu, ada baiknya bila rumah memiliki cadangan kamar tidur untuk tamu yang sewaktu-waktu datang menginap. Fungsi yang berbeda-beda ini akan menentukan jenis mebel yang dibutuhkan. Dengan landasan-landasan tersebut diatas dapat dibuat perencanaan awal untuk kamar tidur ini.

Mereka yang telah beranjak dewasa namun belum menikah (masih kuliah atau bekerja) biasanya menginginkan kamar tidur yang mencerminkan kedewasaannya sebab merasa pikirannya sudah lebih matang, perilakunya lebih tenang, dan membutuhkan privasi yang lebih tinggi dibanding usia sebelumnya. Kamar tidur untuk si lajang ini biasanya masih bersatu dengan rumah induk (orangtua atau menyewa), namun memiliki pintu tersendiri akan lebih menyenangkan karena dapat menciptakan kesan ruang pribadi yang lebih mandiri.

Kenyamanan tidur merupakan faktor utama yang perlu dipertimbangkan dalam menata kamar tidur “si lajang ” Pilihan gaya penataan ruang yang serba praktis namun trendi biasanya lebih digemari oleh mereka yang berusa dewasa muda ini

penataan kamar tidur

TEMPAT TIDUR
Tempat tidur yang menjamin kenyamanan tidur menjadi pilihan utama untuk kamar si lajang. Oleh karena itu, meskipun untuk d hun satu orang sering kali dibutuhkan tempat tidur yang lebih besar, misalnya tempat tidur single extra yatg berukuran 120 cm x 200 cm. Tempat tidur ini lebih besar daripada tempat tidur single biasa namun lebih kecil daripada tempat tidur double. Pemilihan tempat tidur tentu tetap mempertimbangkan luas kamar dan kebutuhan mebel lainnya.

PENYIMPAN
Silajang membutuhkan lemari penyimpan pakaian yang lebih besar dan lengkap daripada usia sebelumnya, terutama yang sudah bekerja Jenis pakaiannya pun lebih beragam, misalnya pakaian kerja, pakaian pesta, atau pakaian santai baik untuk dirumah maupun untuk rekreasi. Selain itu, juga membu- tuhkan penyimpan koleksi sepatu, dasi, serta aksesori lainnya. Pembagian penyimpanan yang jelas akan memudahkan untuk memulai kegiatan sehari hari.